Wednesday, August 29, 2012

Ar Rahman


Berpeganglah pada Al Qur’an dan sunnah Rasul...inilah peninggalan manusia termulia di muka bumi bagi seluruh umat muslim
Begitu banyak ilmu yang terkandung di dalamnya dan selalu ku rasakan kekuatan berlebih setiap kali selesai membaca surah Ar Arrahman, ibarat mengisi ulang baterai di HP begitu pula dengan surat Ar Rahman dalam hidupku...menambah kekuatan kembali setiap kali lelah dan terus terusan megeluh akan segala cobaan hidup..tiada terkira nikmatyang Allah berikan.

Tanpa bermaksud menggurui dan sok tau, kali ini aku ingin berbagi tentang khasiat surat Ar rahman yang sejak dulu sangat ku sukai arti terjemahannya
Kurangkum dari beberapa blog dan website.
Sesuai namanya Ar Rahman ( Yang Maha Pengasih). Sekilas dari namanya mungkin kita membayangkan bahwa surat Ar Rahman bercerita tentang kemurahan dan sifat penyayang Tuhan.
Dalam membaca Al qur'an memang sebaiknya selalu diikuti dengan membaca artinya dan kemudian memahami maknanya. # semoga kita semua mampu melaksanakannya

Mengapa surat Ar Rahman sangat bagus bila dibaca setiap hari...?

Sebenarnya banyak hal yang diajarkan didalam surat Ar Rahman ini. Khususnya mengenai rasa syukur yang harus kita lakukan setiap saat.
Bahkan di dalam surat Ar Rahman disebutkan hingga 31 kali
” Fa Bi ayyi Ala irobbikuma Tukadzdziban" yang artinya "nikmat Tuhan Yang manakah yang engkau dustakan".

Keutamaan membaca surat Ar Rahman setiap hari

1. Rasulullah saw bersabda:
 “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.”
(Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/187).

2. Imam Ja’far Ash-shadiq (sa) berkata:
“Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat ‘Fabiayyi âlâi Rabbikumâ tukadzdzibân’,
ia mengucapkan: Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu (tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan),
jika saat membacanya itu pada malam hari kemudian ia mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid;
jika membacanya di siang hari kemudian mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid.”
(Tsawabul A’mal, hlm 117).

3. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Jangan tinggalkan membaca surat Ar-Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhannya bersamanya pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah, dan baunya paling harum.
Pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang lebih dekat dengan-Nya daripadanya.
Pada saat itu Allah berfirman padanya:
“Siapakah orang yang sering bangun malam bersamamu saat di dunia dan tekun membacamu. Ia menjawab: Ya Rabbi, fulan bin fulan, lalu wajah mereka menjadi putih, dan IA berkata kepada mereka: Berilah syafaat orang-orang yang mencintai kalian, kemudian mereka memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalu ia berkata kepada mereka: Masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”
(Tsawabul A’mal, hlm 117).

Allah  begitu pemurah dan selalu mengingatkan kepada manusia untuk selalu bersyukur dan bersyukur. Tidak cukup hanya sekali...tetapi berkali-kali. Apakah Allah tidak Maha Pemurah..... Allah begitu sabar dan telaten kepada umatnya. Sampai berkali-kali mengingatkan ..untuk selalu bersyukur. Coba kalau kita...ada teman yang salah ...paling-paling kita hanya sekedar mengingatkan...1 kali atau 2 kali. Setelah itu ya sudah...terserah. Tetapi Tuhan Maha Pemurah kepada manusia. Dan tentu saja tidak setiap manusia yang bisa mengambil hikmah...hanya manusia yang terbuka hatinya saja ....yang dapat menangkap hidayah. So....bukalah hatimu....agar dapat hidayah.

Allah begitu sabar menanti kita kembali ke jalan-NYA
tapi mengapa kita tidak pernah sabar menanti terkuaknya rahasia indah yang Allah persiapkan untuk kita ?
Ya Allah semoga senantiasa KAU penuhi hatiku
dengan rasa ma’af, rasa ikhlas, rasa syukur dan persaan berbaik sangka selalu pada segala rencana-MU

Mengapa kita diminta bersyukur..?
Karena rasa syukur adalah pangkal segala kebahagiaan hidup. Orang yang mudah bersyukur kepada Tuhan....maka orang itu akan mudah memperoleh hidayah. Akibatnya hidupnya menjadi tenang dan tenteram. Kebahagiaan akan menyelimuti hidupnya.

Demikian sedikit gambaran dariku tentang rahasia dibalik surat ar rahman.....yaitu rasa syukur.
Jakarta, 29 Agustus 2012

No comments:

Post a Comment

Post a Comment