Monday, April 2, 2012

Mudahnya memasak rendang

Ini adalah masakan pembuktian diri bahwa aku adalah orang minang asli...hihihi walaupun ga bisa ngomong Minang, ga bisa makan pedas juga ga familiar dengan Kota kota yang ada di Sumatra Barat seluruh darahku adalah asli dari buyut buyut hingga Mama Papa yang berasal dari Minang.

Ternyata memasak rendang itu mudah...ini adalah eksperimen pertamaku memasak rendang tanpa ada yang mandorin....ini dia resepnya

Resep a la Mamaku tersayang...
1,5kg daging sapi ( bagian has dalam)
4 butir kelapa ( ambil santannya)
¼ kg kacang pagar

Karena ini rendang spesial maka di tambahkan lah kacang pagar
Nama resminya ga tau tapi bentuknya seperti kacang merah...rendam kacang ini selama menunggu proses pembuatan rendang supaya nantinya lebih gampang empuknya.

Giling dan haluskan
2 bungkal bawang putih
2 ons cabe merah
¼ ons cabe rawit
1sendok teh ketumbar

2 cm jahe (memarkan)
2 cm laos (memarkan)
2 buah asam kandis ( katanya sich ini berfungsi sebagai pengawet alami)
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk biar rendangnya wangi
2 batang serai dirajang halus 

Cara paling gampang untuk mendapatkan semua bahan yang diperlukan ini adalah pergi ke pasar lalubilang sama yang jualan
Pak, saya mau bikin rendang 1,5kg daging..minta bumbunya donk...nanti pejualnya langsung meracik semua bumbu halus yang kita butuhkan sesuai takarannya, ke tukang jual kelapa juga sama...Pak, beli kelapa dan tolong perasin sekalian yaaa..saya mau bikin rendang buat 1,5kg daging..ke tukang daging juga samaa...tinggal bilang Pak beli 1,5kg buat rendang..sekalian potong potongin yaaa...







Setelah semua bumbu siap dan daging bersih, pisahkan bumbu halusnya ¼ bagian gunakan untuk mengungkep daging biar empuk dan ga hancur pada saat nanti proses bikin rendang.

Setelah daging diungkap, didihkan santan bersama semua bumbu halus dan bahan bahan lainnya kecuali daging dan kacang...aduk aduk terus agar santannya tidak pecah ( istilah ini udah jamak sekali di gunakan jadi ga ada orang yang mencari istilah sebenarnya sesuai kamus bahasa Indonesia Ejaan Yang Disempurnakan. Masak dengan api sedang dan kalo sudah mulai keluar minyak dari rebusan santan tersebut maka daging dan kacang sudah boleh dimasukkan. 





Teruskan lakukan proses ini hingga santan berubah menjadi coklat tua dan masih tetap terus dimasak hingga warnanya menjadi gelap dan minyak santannya mengering...untuk rendangku ini aku butuh waktu kurang lebih 6 jam untuk memasaknya hingga menjadi rendang yang kering, sedangkan esoknya dipanaskan lagi agar rendang semakin hitam dan minyaknya terus berkurang.
Alhamdulillah...eksperimen pertama ini berhasil  (menurutku) karena setelah dicoba dan dimakan oleh 5 orang teman kosan ..mereka semua bilang rendang ini enakkkk...
Amaaaannnnn....kayaknya sich ini rendang kalo dibawa jauh sampai ke Irak sana ga akan malu maluin laaahhhh....klo ga enak itu pasti rasanya berubah pada saat menempuh penerbangan yang jauh (alibi) 

Selamat menikmati rendang a la Chef Daramita 
 

No comments:

Post a Comment